Pengolahan Bahan Pustaka

Rabu, 19 Oktober 2016


Pengolahan bahan pustaka diawali sejak koleksi buku di terima di perpustakaan sampai dengan penempatan di rak atau di tempat tertentu yang telah disediakan. Pengolahan bahan pustaka ini adalah merupakan salah satu tugas inti untuk pengelola perpustakaan. Bahan pustaka ini harus di olah dengan baik agar proses temu kembali informasi nantinya berjalan lancar dan mewujudkan tertib administrasi.

Berikut ada 4 kegiatan pokok pengelolaan bahan pustaka versi Pengelola Perpustakaan SD Juara Yogyakarta :
1. Inventarisasi bahan pustaka
Inventarisasi adalah kegiatan pencatatan kembali bahan pustaka yang telah menjadi milik perpustakaan yang meliputi pemeriksaan, pengelompokan, pengecapan, dan pencatatan.

                                       
                                  Pengecapan buku di Perpus SD Juara Yogyakarta
                                          pengelompokan (berdasarkan subyek yg sama misal buku cerita)

2. Klasifikasi bahan pustaka
klasifikasi adalah pemisahan/ pengelompokan bahan pustaka/ buku agar mudah untuk dilakukan penataan yang didasarkan atas dua hal yaitu klasifikasi fisik dan klasifikasi isi bahan pustaka.
   
                                            klasifikasi fisik ( ukuran dan tebal)
                                         pengelompokan berdasarkan isi buku(komik dgn komik, cerpen dgn cerpen, sejarah dgn sejarah)


3. Penyampulan Buku
Menyampul buku merupakan hal yang sangat menyenangkan. Sebenarnya menyampul buku bukanlah kewajiban ataupun keharusan dalam pengelolaan bahan pustaka namun kami menjadikan penyampulan buku menjadi salah satu kegiatan pokok pengolahan bahan pustaka dikarenakan penyampulan buku dilakukan agar tampak rapi dan terlindungi dari kerusakan.


4. Shelving/ Penjajaran Koleksi di Rak Buku
Kegiatan ini merupakan langkah terakhir dari proses pengelolaan dan tujuannya agar koleksi dapat ditemukan dengan mudah oleh pengunjung maupun peminjam buku.
                                        contoh shelving SD Juara Yogyakarta


artikel ini merujuk pada pedoman pengelolaan perpustakaan sekolah tingkat dasar oleh kantor arsip dan perpustakaan daerah kota yogyakarta dan telah di