Gerakan Literasi Sekolah SD Juara Yogyakarta

Selasa, 11 Oktober 2016

Yogyakarta (2016/10/11), Literasi adalah kemampuan menulis dan membaca yang berujung pada penciptaann karya. Literasi sangat penting bagi siswa karena keterampilan dalam literasi berpengaruh terhadap keberhasilan belajar mereka dan kehidupannya. Keterampilan literasi yang baik akan membantu siswa dalam memahami teks lisan, tulisan maupun gambar/visual. Karena itulah di sekolah- sekolah perlu memiliki program literasi. Program literasi ini dapat berupa : membaca mandiri, membaca bersama, membaca terbimbing, menulis diary (menuliskan aktifitas yang telah dilakukan pada hari sebelumnya), bercerita bergiliran. Pada dasarnya program - program ini memiliki tujuan untuk menumbuhkembangkan budi pekerti siswa. 

Saat ini di SD Juara Yogyakarta  melakukan program literasi membaca mandiri yaitu siswa memilih bacaannya sendiri di perpustakaan, di baca dan kemudian siswa menulis isi dari buku yang telah dibaca. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dalam membaca. Ada juga kelas yang menerapkan membaca terbimbing yaitu guru membacakan buku cerita singkat dan siswa mengikutinya, kemudian guru memberikan beberapa pertanyaan terkait buku yang dibaca, dan ini di terapkan pada kelas satu karena kelas satu masih ada beberapa yang belum bisa membaca. Sedangkan kegiatan menulisnya siswa kelas 1 pernah menulis surat untuk ibu/ayah. Kegiatan ini sangat bermakna dan memberikan kesan kuat kepada siswa.